Tutorial PHP, Cara Menjalankan File PHP dengan XAMPP

di tutorial belajar php kali ini kita akan belajar menjalankan file php dibrowser kita dengan webserver xampp, kita juga akan belajar contoh membuat script php sederhana.
setelah kita menginstall webserver xampp di komputer kita selanjutnya kita akan membuat sebuah file php yang didalam file php ini kita isi script php dan kita tampilkan hasilnya dibrowser kita.
Agar dapat mengakses halaman PHP dari web browser, maka anda harus menempatkan file PHP di dalam folder khusus yang merupakan folder home dari web server. Pada aplikasi XAMPP, folder tersebut adalah folder htdocs yang berada di dalam folder instalasi XAMPP.
file php yang kita buat kita harus menyimpannya didalam folder htdocs ini, baik itu file, folder, gambar, dan lain-lain. untuk memudahkan pencarian script php yang kita buat anda bisa membuat sebuah folder baru didalam htdocs kemudian nanti simpan semua file belajar php didalamnya.
Penulisan File Php
file php  bisa kita tulis didalam aplikasi notepad namun untuk fitur yang lebih, anda dapat menggunakan aplikasi editor text seperti Notepad++ atau yang powerfull pakai micromedia dreamweaver.
sekarang buka text editor anda kemudian masukan script dibawah ini kedalamnya

<?php
echo "Saya sedang belajar PHP di phpdanmysql.com";
echo "<br />";
echo "Hello World...";
?>

kemudian simpan dengan nama contoh.php, jangan lupa simpan filenya didalam folder htdocs
setelah filenya disimpan sekarang buka browser kemudian ketik localhost/contoh.php
lihat hasilnya.
nah begitulah kira-kira jika kita ingin membuat file php dan menampilkannya dibrowser kita, untuk script yang lainnya juga tetap sama caranya seperti yang diatas.

Keyword:

  • cara menjalankan file php

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...

Ingin Berkomentar?

×
Lewat ke baris perkakas