Tutorial HTML Lanjutan – Pengertian Meta Tags dalam HTML

Belajar Meta Tag HTML

Membuat Meta Tags dalam HTML beserta fungsinya
Meta tag dalam html biasanya di gunakan untuk menentukan informasi tertentu mengenai document HTML, anda bisa menentukan author name, keywords, dan lainyan pada tag META.
Sebernya meta tag ini hanya sebagai informasi tambahan saja, boleh ada boleh juga tidak, tapi meta tag ini sangat berguna intuk search engine seperti google. Dalam artikel ini kita akan belajar membuat meta tag dalam html dan menjelaskan fungsi-fungsinya.

Pengertian meta tag

Meta tag tidak akan tampil didalam halaman html kita, meta tag lebih kepada keterangan tambahan tentang halaman kita. Walaupun meta tag kita buat dalam halaman HTML kita, halaman tetap seperti biasa tanpa ada perubahan. Namun search engine bisa mengindex meta tag ini.

Penempatan meta tag

Meta tag di tempatkan dibagian tag head, meta tag ini memiliki beberapa atribut seperti charset, name, http-equiv, dan content. Penulisan meta tag seperti ini <META>

atribut name pada meta tag

biasanya atribut name akan berisi author, description, dan keywords. Author dimaksudkan untuk menambahkan nama pembuat kode kedalam HTML, description untuk keterangan halaman, dan keyword untuk kata kunci halaman.
Contoh

Author dari document tersebut adalah “phpdanmysql.com”.

atribut charset pada meta tag

Atribut charset pada meta tag digunakan untuk memberi tahu web browser dengan karakter set apa halaman web akan ditampilkan. Biasanya atribut charset ini akan berisi nilai seperti utf-8, atau ISO-8859-1.

atribut HTTP equivalents pada meta tag

Atribut HTTP Equivalents berkaitan dengan HTTP header. Dimana ini merupakan mekanisme web browser mengirimkan halaman ke browser kita. Nilai dari atribut HTTP Equivalents ini dapat berupa content-type, default-style dan refresh. kita dapat mengontrol secara otomatis seberapa sering halaman akan di refresh.

Contoh meta tag html

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Meta Tag HTML</title>
<meta charset="utf-8" />
<meta http-equiv="refresh" content="4" />
<meta name="keywords" content="isi keyword" />
<meta name="description" content="ini description" />
</head>
<body>
<p>
otomatis di refresh setiap <em>4 detik</em>
</p>
</body>
</html>

Dari contoh diatas kita dapat melihat bahwa halaman akan di refresh setelah 4 detik.
Tag meta sangat berguna untuk search engine, karena ini bisa terindex oleh search engine sebagai penjelasan tentang halaman kita. tag ini boleh dipakai pada halaman html anda, boleh juga tidak dipakai.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ingin Berkomentar?

×
Lewat ke baris perkakas