Mengenal Kode-Kode Warna Dalam CSS

Kode Warna CSS

Karena Css berfungsi untuk mengatur tampilan dan tampilan dari website akan lebih indah jika kita bisa mengatur warna yang sesuai. tapi sebelum kita mengatur warna sebaiknya kita ketahui dulu kode-kode warna dalam css.

Css dan html memiliki warna yang begitu banyak. Warna yang banyak ini adalah gabungan dari warna merah, hijau, dan biru.

Warna di CSS paling sering ditentukan oleh:

  1. Nama warna yang valid – seperti “red”.
  2. Nilai RGB – seperti “RGB (255, 0, 0)”
  3. Nilai HEX – seperti “# FF0000”

RGB (Red, Green, Blue)

RGB adalah merah, hijau, dan biru, Nilai warna RGB dapat ditentukan dengan menggunakan formula ini: rgb (merah, hijau, biru).

Setiap parameter (merah, hijau, biru) mendefinisikan intensitas warna antara 0 dan 255.
Misalnya, rgb(255,0,0) ditampilkan sebagai merah, karena merah diatur ke nilai tertinggi (255) dan yang lainnya diatur ke 0.

16 juta warna berbeda

kombinasi nilai merah, hijau dan biru dari 0 sampai 255 memberikan total lebih dari 16 juta warna berbeda untuk ditampilkan dengan 256 merah, hijau dan biru (256 x 256 x 256).

Monitor paling modern mampu menampilkan setidaknya 16384 warna berbeda.
Semua warna lain seperti putih, hitam, kuning mereka berasal dari ketiga warna rgb ini.

Contoh

Misalkan saya ingin membuat warna hitam, maka kombinasi nya warna merah 0, hijau 0 dan kuningnya 0 menjadi warna hitam.

Warna Hexadecimal

Nilai RGB juga dapat ditentukan dengan hexadecimal yang tersedia dalam bentuk: #RGGGBB, di mana RR (RED), GG (hijau) dan BB (Blue) adalah nilai heksadesimal antara 00 dan FF (sama seperti desimal 0-255).

Misalnya kode #FF0000 akan ditampilkan sebagai warna merah, karena merah diatur ke nilai tertinggi (FF) dan yang lainnya diatur ke nilai terendah (00).

Catatan:
Nilai Hex adalah tidak case senstive: “#ff0000” sama dengan “FF0000”.

Format #RGB

Selain menggunakan format warna 6 digit, CSS juga mendukung penulisan 3 digit. Format penulisan 3 digit ini merupakan penulisan singkat dari 6 digit.

Contohnya #RGB merupakan penulisan singkat dari #RRGGBB, #FFF adalah singkatan dari #FFFFFF, #09A sama dengan #0099AA (merah=00, hijau=99, biru=AA).

Penulisan Desimal

dalamn CSS terdapat penulisan warna menggunakan angka desimal. Format penulisannya adalah: rgb(255, 0, 0) atau rgb(0%, 63%, 100%), dimana urutan warna adalah merah, hijau, dan biru.

Nama Warna

selain cara penulisan diatas dalam CSS kita juga bisa memakai nama warna langsung seperti “red”, “black” dll.

ingat bahwa nama warna ini harus bahasa inggris tidak bisa bahasa indonesia, terdapat 17 nama warna yang bisa kita pakai yaitu aqua, black, blue, fuchsia, gray, green, lime, maroon, navy, olive, orange, purple, red, silver, teal, white, dan yellow.

Warna CSS3

dalam css3 kode warna banyak ditambahkan seperti kode warna :

  • RGBA colors
  • HSL colors
  • HSLA colors
  • opacity

namun pada tutorial ini saya tidak akan membahas warna pada CSS3 ini, saya akan membahas dalam tutorial css3 yang akan saya bahas di artikel selanjutnya.

lanjut ke bab Jenis-Jenis Satuan Nilai dalam CSS

Keyword:

  • kode warna css

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...

Ingin Berkomentar?

×
Lewat ke baris perkakas