Home / Belajar Php / Pengertian Sistem, Informasi, Berbasis Website

Pengertian Sistem, Informasi, Berbasis Website

Pengertian sistem informasi berbasis website.

pernah mendengar kata sistem atau informasi, atau sistem informasi berbasis web pasti pernahkan, diblog ini juga banya sistem informasi yang berbasis web, contohnya sistem informasi sekolah berbasis web dengan php dan mysql

mungkin sebagian dari teman-teman lagi mencari sistem informasi yang berbasis web bisa buka disini

namun tidak ada juga sebagian orang yang sudah tau atau pernah lihat sistem informasi, namun belum tau pengertian sistem informasi tersebut. oleh karenanya di artikel ini saya akan membahas secara lengkap tentang sistem informasi berbasis website.

sebelumnya saja juga sudah pernah membahas pengertian Php, Mysql, Html, Css, dan Web silakan dibaca kalau belum baca.

Pengertian Sistem, Informasi, Berbasis Website
Pengertian Sistem, Informasi, Berbasis Website

Pengertian Sistem

Istilah sistem berasal dari bahasa yunani yaitu systema yang mengandung arti kesatuan atau keseluruhan dari bagian-bagian yang berhubungan satu dengan lainnya. Sistem adalah sekumpulan objek yang merupakan suatu wadah terdiri dari sub-sub sistem.

Suatu sistem dapat terdiri dari sistem-sistem bagian (subsistem). Masing-masing subsistem dapat terdiri dari subsistem-subsistem saling berinteraksi dan saling berhubungan membentuk suatu kesatuan sehingga tujuan dan sasaran sistem tersebut dapat tercapai.

Data menyatakan segala hal, peristiwa atau kenyataan lain apapun yang mengandung suatu pengetahuan yang dijadikan dasar untuk penyusun keterangan, pembuatan kesimpulan, atau penetapan keputusan. Data ibarat suatu bahan mentah, yang melalui pengolahan tertentu menjadi keterangan (informasi). Data dapat meliputi kata-kata, bagan, grafik ataupun simbol yang menggambarkan suatu ide, objek, kondisi atau situasi tertentu.

Pengertian Informasi

Informasi sering diartikan sebagai data. Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi pengguna dan penerimanya serta bermanfaat dalam pengambilan keputusan pada saat sekarang atau pada saat yang akan yang datang. Selain itu informasi juga merupakan fakta-fakta atau data yang diproses sedemikian atau proses transformasi sehingga berubah menjadi informasi.

Informasi juga dapat diartikan sebagai suatu data yang telah disusun sedemikian rupa sehingga bermakna dan bermanfaat karena dapat dikomunikasi kepada seseorang yang akan menggunakan untuk membuat keputusan. Biasanya informasi terdiri dari selected data atau sorted data yaitu data yang terpilih atau terpilah, tergabung dan disusun sesuai dengan kebutuhan pemakai data.

Kualitas dari suatu informasi tergabung dari tiga hal yaitu;

  1. Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan. Informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai ke penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan (noise) yang dapat mengubah atau merusak informasi tersebut.
  2. Tepat pada waktunya, berarti informasi yang datang ke penerima tidak boleh terlambat. Karena informasi merupakan landasan di dalam pengambilan keputusan. Bila pengambilan keputusan terlambat. Maka dapat berkaitan fatal bagi organisasi.
  3. Relavan, berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya

Kualitas Informasi

Menurut Andri Kristaanto (2008:10) Kualitas informasi tergantung dari empat hal, yaitu :

  1. Akurat berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bisa atau menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus menjelaskan dan mencerminkan maksud dari informasi tersebut.
  2. Tepat waktu berarti informasi yang datang kepada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi karena informasi merupakan landasan didalam pengambilan keputusan.
  3. Relevan berarti informasi mempunyai mafaat bagi penerima. Relevansi informasi untuk satu orang dengan orang lain berbeda. Hal ini sangat tergantung kepada penerima dan yang membutuhkan informasi.
  4. Ekonomis, efisien dan dapat dipercaya

Kualitas informasi tidak tergantung dari berapa biaya untuk mendapatkannya tetapi tergantung dari nilai informasi tersebut dan manfaatnya.

Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi dapat didefenisikan sebagai suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada managemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian dalam dan luar yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk mengambil keputusan yang baik.

Sistem informasi juga merupakan sebuah metoda yang terorganisasi yang mengolah dan menyajikan data dan informasi tentang masa lalu, saat ini dan proyeksi masa depan baik berkaitan dengan kegiatan internal organisasi maupun informasi keadaan yang berasal dari luar organisasi. Sistem informasi harus dapat mendukung perencanaan, pengendalian dan fungsi-fungsi oprasional dari suatu organisasi dengan cara mengolah data dan informasi dimaksud secara tepat dalam rangka proses pengambilan keputusan.

Pengertian Sistem Informasi Berbasis Web

Situs Web (website) merupakan kesatuan dari dokumen-dokumen yang terhubung dengan atribut yang sama misalnya topik, fungsi maupun desain yang sama. Jadi, sebuah web memiliki beberapa dokumen yang biasanya disebut dengan halaman web, serta komponen-komponennya.

Untuk membuat atau mendesain situs web, yang pertama harus dilakukan adalah membuat rumusan-rumusan yang diperlukan. Prioritas utama membuat situs web adalah merumuskan suatu tujuan, untuk apa situs web tersebut dibuat. Sebagai contoh, instansi yang bergerak di bidang pendidikan membuat suatu situs web untuk memperkenalkan dan mempromosikan lembaga pendidikan tersebut. Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa situs web yang akan dibuat adalah situs web yang dapat memberikan suatu informasi yang lengkap dan akurat tentang sistem pendidikan dari instansi tersebut. Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa sistem informasi web merupakan suatu komponen yang dibuat dan dirancang guna memberikan informasi secara cepat dan tepat karena dilakukan secara online.

jika ingin tau pengertian web bisa baca disini pengertian web

oke itulah pengertian dari Sistem, Informasi, Berbasis Website

setelah kita mengetahui Pengertian Sistem, Informasi, Berbasis Website maka langkah selanjutnya mari kita membuat sistem informasi berbasis website disini

Sistem Informasi Pembagian Kelas Online Dengan Php dan MySQL

Sistem Informasi akademik sekolah Berbasis Web Dengan Php Dan MySQL

dan masih banyak lagi yang lainnya disini

sekian pembahasan kita kali ini tentang Pengertian Sistem, Informasi, Berbasis Website semoga bermanfaat bagi kita semua

  • Pengertian sistem informasi berbasis web
  • pengertian sistem informasi online berbasis web
  • mengapa harus ada sistem informasi berbasis web
  • pengertian sistem web
  • sistem informasi berbasis online
  • sistem informasi berbasis web
  • jelaskan pencarian informasi berbasis web
  • definisi sistem informasi berbasis web menurut ahli
  • definisi sistem informasi berbasis web adalah
  • belajar sistem berbasis web
Content Protection by DMCA.com

About adies

Nama Saya Adies, Saya Adalah Admin dari Blog phpdanmysql.com ini, Saya bukan seorang ahli Pemrograman Php dan MySQL, Saya hanya seseorang yang gemar belajar Pemrograman karena Pendidikan yang berlatar belakang Sarjana Informatika

Check Also

Cara Membuat Diagram Statistik Dinamis Dengan Php dan MySQL

Cara Membuat Diagram Statistik Dinamis Dengan Php dan MySQL, pada kali ini saya sempatkan diri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *