Home / Belajar Php / Pengertian Php MySQL HTML CSS dan WEB

Pengertian Php MySQL HTML CSS dan WEB

Php, Mysql, Html, Css, dan Web sering kali kita bahas di blog kesayangan kita ini, namun saya belum pernah mengulasnya secara tuntus, maka pada kesempatan ini saya akan ulas Pengertian Php MySQL HTML CSS WEB

belajar php
belajar php

Php MySQL HTML CSS dan WEB

seharusnya artikel ini kita bahas diawal sebelum kita belajar php dan mysql namun saya lupa untuk membahas ini, saya langsung membuat tutorial php dan mysql tanpa memberikan pengertian dari semua itu.

oke langsung saja

Pengertian Php (Page Hypertext Preprocessor)

PHP adalah skrip bersifat server-side yang ditambahkan kedalam HTML. Penggunaan program PHP memungkinkan sebuah website menjadi lebih intraktif dan dinamis. Data yang dikirim oleh pengunjung website akan diolah dan disimpan dalam database web server, dan bisa ditampilkan kembali apabila diakses.

PHP dibuat pertama kali oleh satu orang yaitu Rasmus Lerdorf, yang pada awalnya dibuat untuk menghitung jumlah pengunjung pada homepagenya. Diawal Januari 2001, PHP telah dipakai lebih dari 5 juta domain diseluruh dunia,dan akan terus bertambah karena kemudahan aplikasi PHP ini dibandingkan dengan bahasa Server side yang lain.

Adapun kode berikut adalah contoh kode PHP yang berada di dalam kode HTML.

Baca Juga : Cara Membuat Sistem Informasi Data mahasiswa

Pengertian My Strukture Query Language (MySQL)

MySQL (My Strukture Query Language) merupakan sebuah program pembuat database yang bersifat open souce, artinya siapa saja boleh menggunakannya dan tidak dicekal. MySQL sebenarnya produk yang berjalan pada platform Linux. Karena yang sifatnya yang open souce, MySQL dapat dijalankan pada semua platform baik Windows ataupun Linux. Selain itu, MySQL merupakan program pengakses database yang bersifat jaringan sehingga bisa digunakan untuk aplikasi multiuser (banyak penggguna).

Perangkat lunak ini bermanfaat untuk mengelola data dengan cara yang sangat fleksibel dan cepat. Berikut adalah sejumlah aktivitas yang terkait dengan data yang didukung oleh perangkat lunak tersebut

  • Menyimpan data ke dalam tabel.
  • Menghapus data dalam tabel.
  • Mengubah data dalam tabel.
  • Mengambil data yang tersimpan dalam tabel.
  • Memungkinkan untuk memilih data tertentu yang diambil dari database.
  • Memungkinkan untuk melakukan pengaturan hak akses terhadap data.

Baca : Cara Membuat Koneksi Ke database mysql

Konsep Dasar MySql Database

MySQL adalah multiuser database yang menggunakan bahasa Structrured Query Language (SQL). MySQL dalam operasi client-server melibatkan server daemon MySQL disisi server dan berbagai macam program serta library yang berjalan disisi client. MySQL dapat menangani data yang cukup besar. Perusahaan yang mengembangkan MySQL yaitu TcX, mengaku mampu menyimpan data lebih dari 40 database, 10.000 tabel dan sekitar 7 juta baris, totalnya kurang lebih 100 Gigabate data. Informasi selengkapnya ada di www.mysql.com

SQL adalah bahasa standar yang digunakan untuk mengakses database server. Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh IBM, namun telah diadobsi dan digunakan sebagai standar industri. Dengan menggunakan SQL, proses akses database menjadi lebih user-friendly dibanding dengan menggunakan dBASE atau Clipper yang masih menggunakan perintah-perintah pemrograman.

Pengertian Hypertext Markup Language (HTML)

Hypertext Markup Language (HTML) merupakan dokumen text biasa yang mudah untuk dimengerti dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Dan karena itu HTML dapat dibaca lewat platform yang berlainan seperti Windows, UNIX dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya HTML adalah suatu script dimana kita bisa menampilkan informasi dan daya kreasi kita lewat internet.

Pengertian CSS (Cascading Style Sheet)

CSS bukan merupakan bahasa pemrograman, akan tetapi dapat disebut dengan dokumen spesial yang berguna untuk melakukan pengaturan pada setiap komponen web (bagian-bagian seperti tabel, form, dll). Inti dari dokumen CSS adalah tag HTML, di dalam CSS tag HTML tidak lagi disebut sebagai tag tetapi disebut sebagai selector. Fungsi terpenting dari dokumen CSS adalah melakukan pengaturan halaman web dengan sistem style, karena dokumen CSS merupakan bentuk turunan dari elemen HTML (perintah html) maka dokumen ini merupakan kode yang embeded dengan tag HTML.

Dalam penulisan, CSS memiliki sedikit perbedaan antara penulisan tag HTML dengan Style CSS. Secara garis besar, penulisan CSS dapat digambarkan sebagai berikut.

Dari Script di atas dapat dijelaskan bagian-bagiannya adalah:

  • Selector : Bagian ini merupakan kumpulan dari elemen HTML, jadi semua elemen yang ada pada HTML akan digunakan pada tag ini.
  • Propertie : Bagian ini merupakan atribut yang digunakan pada setiap elemen yang digunakan, tidak semua atribut akan dapat digunakan pada semua selector, yaitu tergantung dukungan yang ada pada HTML.
  • Value : Merupakan nilai yang diberikan pada setiap propertie dalam selector, penentuan nilainya dapat diatur sama persis dengan pada saat menggunakan nilai pada atribut HTML.

Pengertian WEB

Web merupakan fasilitas hyperteks untuk menampilkan data berupa teks, gambar, suara, animasi dan data multimedia lainnya. Sedangkan website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, dimana tempatnya berada di dalam word wide web (www) di internet. Sebuah web page adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language) yang hampir selalu dapat diakses melalui HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk dapat ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.

Kelebihan web

Yaitu dapat diakses selama daerah tersebut memiliki jaringan internet. Dan dapat diakses dengan hanya menggunakan web browser (umumnya sudah di PC) tidak perlu menginstal aplikasi client khusus.

Kelemahan web

Kekurangan yang dimiliki dari aplikasi web adalah antar muka yang dapat di sebut terbatas sesuai spesifikasi standar untuk membuat dokumen web dan keterbatasan kemampuan web browser untuk menampilkannya, terbatasnya kecepatan internet mungkin membuat respon aplikasi menjadi lambat.

Ada 2 macam jenis web yaitu :

Web Statis

Yaitu website yang informasinya merupakan informasi satu arah, yakni hanya berasal dari pemilik softwarenya saja. Umumnya website ini bersifat tetap, jarang berubah, dan hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja. Contoh : profil perusahaan.

Web Dinamis

Yaitu website yang mempunyai arus informasi dua arah yakni yang berasal dari pengguna dan pemilik, sehingga pengupdatan dapat dilakukan oleh pengguna dan juga pemilik website. Contoh : Friendster, Facebook, dan sebagainya.

 

  • aplikasi sistem informasi berbasis web html php css
  • atribut css lengkap pdf
  • bagian-bagian dalam css html dan php
  • belajar membuat web sistem htm css php dan mysql
  • pemahaman html css php dan mysql
  • pengerian php mysql
Content Protection by DMCA.com

About adies

Nama Saya Adies, Saya Adalah Admin dari Blog phpdanmysql.com ini, Saya bukan seorang ahli Pemrograman Php dan MySQL, Saya hanya seseorang yang gemar belajar Pemrograman karena Pendidikan yang berlatar belakang Sarjana Informatika

Check Also

Cara Membuat Diagram Statistik Dinamis Dengan Php dan MySQL

Cara Membuat Diagram Statistik Dinamis Dengan Php dan MySQL, pada kali ini saya sempatkan diri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *