Home / MySQL / Lengkap Tutorial Belajar MySQL Untuk Pemula

Lengkap Tutorial Belajar MySQL Untuk Pemula

tutorial belajar mysql
tutorial belajar mysql

Lengkap Tutorial Belajar MySQL Untuk Pemula – PhpdanMysql.Com

Pada Tutorial Belajar MySQL ini kita akan akan membahas MySQL secara lengkap dan praktis, kita akan membahas pendahuluan mengenai penjelasan singkat MySQL, software pendukung untuk menjalankan MySQL, Proses Install MySQL Serta akan menjelaskan Dasar-dasar MySQL baik itu perintah-perintah dasar mysql dan juga fungsi-fungsi mysql secara lengkap dan jelas.

Tentang MySQL

MySQL merupakan software sistem manajemen database (Database Management System – DBMS) yang sangat populer di dunia dimana saat ini digunakan lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia, terutama di lingkungan Linux. Dengan menggunakan script PHP dan PERL Software database ini dapat berfungsi atau berjalan pada semua platform sistem operasi yang biasa digunakan (Windows, Linux, OS/2, berbagai varian Unix). Software Server MySQL ™ pertama dibuat oleh Michael “Monty” Windenius dan kawan-kawannya, pada tahun 1994.

Dengan kehandalan, kecepatan dankemudahan penggunaannya, MySQL menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang software dan aplikasi baik di platform web maupun desktop.

Sama halnya dengan PHP, MySQL merupakan jenis software yang termasuk open source. Database ini tersedia bebas dan siapa saja dapat mengembangkan software ini, tanpa biaya.

MySQL merupakan perangkat lunak untuk database server, adalah sebuah sistem manajemen database relasi (Relational Database Management System) yang sangat powerfull dan stabil serta bersifat “terbuka” (open source) maksudnya bisa didownload oleh siapa saja, baik versi kode program aslinya (source code program) maupun versi binernya (executable program) dan bisa digunakan secara gratis baik untuk dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan maupun sebagai suatu program aplikasi komputer.

MySQL adalah sebuah server database SQL multiuser dan multi-threaded. SQL sendiri adalah salah satu bahasa database yang paling populer di dunia. Implementasi program server database ini adalah program daemon MySQLd dan beberapa program lain serta beberapa referensi.

Sebagaimana database sistem yang lain, dalam SQL juga dikenal hierarki server dengan database-database. Setiap database memiliki tabel-tabel. Tiap-tiap tabel memiliki field-field. Umumnya informasi tersimpan dalam tabel-tabel yang secara logik merupakan struktur 2 dimensi terdiri atas baris dan kolom. Field-field tersebut dapat berupa data seperti int, real, char, date, time dan lainnya.

SQL tidak memiliki fasilitas pemrograman yang lengkap, tidak ada looping ataupun percabangan, misalnya. Sehingga untuk menutupi kelemahan ini perlu digabung dengan bahasa pemrograman seperti C.

Keunggulan MySQL

Keunggulan MySQL dibandingkan dengan perangkat lunak Database Serverlainnya, yaitu.
1. Freeware(GPL).
2. High performance.
3. Biaya rendah.
4. Mudah untuk dikonfigurasi dan dipelajari.
5. Portable.
6. MySQL merupakan program yang multithreaded, sehingga dapat dipasang pada server yang memiliki multi-CPU.
7. Didukung program-program umum seperti C, C++, Java, Perl, PHP, Python, TCL APIs.
8. Bersifat terbuka (open source).
9. Memiliki sistem keamanan yang baik dengan verifikasi host.
10. Memiliki kemampuan mengelola database dengan jumlah recordyang banyak.
11. Mendukung record yang memiliki kolom dengan panjang tetap atau panjang bervariasi.

Pengenalan Database, DBMS dan RDBMS

Basis data(atau database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut http://id.wikipedia.org/wiki/Database. Database digunakan untuk menyimpan informasi atau data yang terintegrasi dengan baik di dalam komputer.

Untuk mengelola database diperlukan suatu perangkat lunak yang disebut DBMS(Database Management System). DBMS merupakan suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan user (pengguna) untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis dan efisien. Dengan DBMS, user akan lebih mudah mengontrol dan memanipulasi data yang ada.

Sedangkan RDBMS atau Relationship Database Management System merupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel. Di samping RDBMS, terdapat jenis DBMS lain, misalnya HierarchyDBMS, Object OrientedDBMS, dsb.

Beberapa software atau perangkat lunak DBMS yang sering digunakan dalam aplikasi program antara lain :

Beberapa Istilah Database

Table
Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik.

Field
Fieldmerupakan kolom dari sebuah table. Fieldmemiliki ukuran typedata tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan.

Record
Field merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait.

Key
Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.

SQL
SQL atau Structured Query Language merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. SQL sering disebut juga sebagai query.

Fitur-fitur MySQL antara lain :

  • Relational Database System. Seperti halnya software database lain yang ada di pasaran, MySQL termasuk RDBMS.
  • Arsitektur Client-Server. MySQL memiliki arsitektur client-server dimana server database MySQL terinstal di server. Client MySQL dapat berada di komputer yang sama dengan server, dan dapat juga di komputer lain yang berkomunikasi dengan server melalui jaringan bahkan internet.
  • Mengenal perintah SQL standar. SQL (Structured Query Language) merupakan suatu bahasa standar yang berlaku di hampir semua software database. MySQL mendukung SQL versi SQL:2003.
  • Mendukung Sub Select. Mulai versi 4.1 MySQL telah mendukung select dalam select (sub select).
  • Mendukung Views. MySQL mendukung views sejak versi 5.0
  • Mendukung Stored Prosedured (SP). MySQL mendukung SP sejak versi 5.0
  • Mendukung Triggers. MySQL mendukung trigger pada versi 5.0 namun masih terbatas. Pengembang MySQL berjanji akan meningkatkan kemampuan trigger pada versi 5.1.
  • Mendukung replication.
  • Mendukung transaksi.
  • Mendukung foreign key.
  • Tersedia fungsi GIS.
  • Free (bebas didownload)
  • Stabil dan tangguh
  • Fleksibel dengan berbagai pemrograman
  • Security yang baik
  • Dukungan dari banyak komunitas
  • Perkembangan softwareyang cukup cepat.

berikut ini merupakan lanjutan dari tutorial belajar mysql untuk pemula, silakan di buka satu persatu agar mudah di pahami, tutorial tersebut telah disusun berdasarkan urutannya.

Cara Install MySQL di Windows

Tipe Data, Tipe Table, Tipe Field di MySQL

Pengertian SQL Dan Jenis-Jenis Perintah SQL

Cara Membuat, Mengubah dan Menghapus Table MySQL

sekian tutorial lengkap belajar mysql untuk pemula, semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan untuk kita yang mau belajar mysql sehingga kita bisa belajar lebih giat lagi sampai kita menguasai mysql.

  • Tutorial Belajar MySQL
  • belajar MySql 2017
  • yang dipelajari pemula database mysql
Content Protection by DMCA.com

About adies

Nama Saya Adies, Saya Adalah Admin dari Blog phpdanmysql.com ini, Saya bukan seorang ahli Pemrograman Php dan MySQL, Saya hanya seseorang yang gemar belajar Pemrograman karena Pendidikan yang berlatar belakang Sarjana Informatika

Check Also

Cara Membuat Validasi Form Input Data Dengan Java Script

Java Script untuk validasi form input sebenarnya sangatlah dibutuhkan dalam membuat web, dimana validasi ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *