Home / Tutorial Wordpress / 3 Langkah Mudah Install WordPress Di Localhost

3 Langkah Mudah Install WordPress Di Localhost

bingung cara install wordpress di localhost? atau malah belum tau sama sekali…? TENANG di tutorial ini kita akan menginstall wordpress di localhost hanya dengan 3 langkah. berikut 3 Langkah Mudah Install WordPress Di Localhost :

  1. buat database
  2. setting koneksi ke database
  3. setting informasi situs
  4. selesai

gimana mudahkan?

namun sebelum kita masuk kedalam 3 langkah tersebut sebaiknya dibaca dulu artikel kita ini sampai akhir.

WordPress merupakan CMS terpopuler di dunia pada saat ini, wordpress adalah CMS yang paling banyak digunakan para blogger untuk membuat blog. wordpress sangat mudah digunakan baik bagi pemula yang mau belajar ngeblog.

walaupun wordpress sangat simple dan user friendly tapi wordpress juga bisa di install di localhost kita, jadi jika kita ingin otak atik wordpress bisa di localhost aja, setelah sukses dilocalhost baru di onlinekan.

namun walaupun wordpress sangat mudah digunakan tidak jarang dari pemula ada yang masih kesulitan dalam hal meng install wordpress, oleh karena itulah di dalam tutorial ini kita akan membahas cara install wordpress di localhost.

sebenarnya install wordpress di localhost dan di hosting sama saja, tidak ada perbedaan yang signifikan. tapi hanya ada sedikit perbedaan di dalam settingan koneksi databasenya saja.

oke berikut tutorial 3 Langkah Mudah Install WordPress Di Localhost

dalam tutorial ini syarat utama yang harus anda siapkan yaitu web server di komputer anda, bisa pakai xampp, wamp, phptriad atau yang lainnya. penulis sendiri menggunakan xampp di windows 7.

syrat kedua yaitu file wordpress, bisa di download di wordpress.org gratis. penulis menggunakan wordpress yang versi bahasa indonesia.

jika kedua syarat diatas sudah ada di komputer anda mari kita lanjutkan install wordpress di localhostnya.

pertama buat database dari phpmyadmin anda, nama databasenya terserah anda, saya sendiri membuat nama databasenya adalah “kiniko” tanpa tanda petik.

kedua setelah membuat database di phpmyadmin, selanjutnya silakan anda extrack file wordpress yang sudah di download dari wordpress.org tadi, kemudian copy folder wordpress ke /xampp/htdocs/

folder wordpressnya bisa di rename dengan nama lainnya, atau bisa juga dibiarkan. saya rename foldernya jadi kiniko.

ketiga buka browsur anda ketik phpdanmysql.com kemudian jalankan. ingat tulisan phpdanmysql.com disesuaikan dengan nama folder anda, jika nama folder anda a maka ketik url nya localhost/a/ penulis sendiri nama foldernya adalah kiniko maka urlnya seperti ini phpdanmysql.comko.

jika benar maka akan tampil sebuah halaman sambutan, silakan di klik tulisan ayo

ke empat disini tahap 4 ini kita akan mengatur koneksi ke database mysql kita. lihat gambar dibawah ini.

dababase wordpress

Penjelasan:

Nama Basis Data : diisi dengan nama database yang telah anda buat tadi.

Nama Pengguna : diisi root

Password : biarkan kosong

Host Basis Data : isi dengan localhost

Prefiks Tabel : isi dengan wp_

klik kirim

ke lima, setelah anda klik kirim maka akan masuk ke tahap akhir, dimana di tahap akhir ini kita disuruh mengatur informasi blog kita, seperti nama blog, nama username, password untuk login. supaya lebih jelas lihat gambar dibawah ini

Informasi situs wordpress anda

silakan diisi judul situs anda, kemudian nama pengguna, password dan email anda.

oh ya jangan lupa nama pengguna dan password ini nanti akan dipakai untuk login ke wordpress kita, jadi harap dicatat supaya tidak lupa.

setelah semua diisi dengan lengkap maka silakan diklik Instal WordPress jika tidak ada yang salah akan tampil seperti gambar berikut ini

install woedpress berhasil

sampai disini anda telah berhasi meginstall wordpress di localhost anda, gimana gampangkan?

kalau mau login ke wordpress anda silakan di klik tombol masuk log pada gambar diatas.

oke sekian tutorial 3 Langkah Mudah Install WordPress Di Localhost dari saya ini semoga bermanfaat bagi anda dan semoga ini bisa membantu anda dalam install wordpress di localhost anda.

Content Protection by DMCA.com

About adies

Nama Saya Adies, Saya Adalah Admin dari Blog phpdanmysql.com ini, Saya bukan seorang ahli Pemrograman Php dan MySQL, Saya hanya seseorang yang gemar belajar Pemrograman karena Pendidikan yang berlatar belakang Sarjana Informatika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *